Berita Bola-Cadangkan Kane, Bos Inggris Ungkap Alasannya

Berita Bola-Cadangkan Kane, Bos Inggris Ungkap Alasannya

Absennya Harry Kane dianggap sebagai penyebab kekalahan Inggris atas Belgia dalam laga pekan terakhir grup G hari Jumat (29/6) dini hari tadi. Sang pelatih, Gareth Southgate, punya alasan tersendiri di balik keputusan memarkir striker Tottenham itu.

Inggris tak mampu membalas gol yang diciptakan oleh Adnan Januzaj pada menit ke-51 hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Kekalahan tersebut lantas membuat The Three Lions harus puas keluar dari fase grup dengan status runner up.

Namun, laga ini sendiri sejatinya sudah tidak begitu penting bagi Inggris maupun Belgia. Kedua negara itu sudah dipastikan lolos sejak pekan kedua karena mereka mampu mengalahkan dua kontestan grup G lainnya, Panama dan Tunisia.

Berdasarkan pertimbangan itu, Southgate pun memutuskan untuk tidak memainkan Kane walaupun sebagai pemain pengganti. Ia takut sang kapten mengalami cedera dan tak bisa bermain di laga-laga selanjutnya.

“Bila kami memainkan Kane hanya untuk 10 menit dan seseorang melukai pergelangan kakinya, itu akan menjadi hal yang konyol,” ujar Southgate seperti yang dikutip dariĀ Sky Sports.

“Semuanya tahu bahwa pertandingan yang paling penting adalah laga di babak gugur,” lanjutnya.

Status sebagai runner up grup rupanya memberi Inggris sedikit keuntungan, sebab mereka akan bertemu dengan Kolombia di babak 16 besar. Jika menilik komposisi skuat, The Three Lions di atas kertas memiliki materi yang lebih baik ketimbang Kolombia.

Southgate sendiri optimis bisa meraih kemenangan pada laga tersebut. Ia juga menganggap Kolombia bisa menjadi tantangan yang fantastis untuk dirinya serta para pemain asuhannya.

“Mereka punya beberapa pemain yang luar biasa, tapi saya percaya ini adalah laga yang bisa kami menangkan,” tambahnya.

Baca juga  Chelsea Ramaikan Perburuan Sergej Milinkovic-Savic

“Ini adalah tantangan yang fantastis untuk kami. Dukungan kepada mereka cukup jelas dengan beberapa pemain yang luar biasa, tapi kami merasa sebagai sebuah tim yang berkembang,” pungkasnya.

Kolombia lolos dari grup H dengan status pemimpin klasemen berkat kemenangan 1-0 atas Senegal hari Kamis (28/6) kemarin. Dari tiga laga, skuat asuhan Jose Pekerman itu berhasil meraup enam angka dari catatan dua menang dan satu imbang.

(sky/yom)