Statistik Menarik dari Laga Kolombia vs Jepang

 Statistik Menarik dari Laga Kolombia vs Jepang

Jepang, berhasil meraup poin penuh kala bertemu dengan salah satu tim kuat asal Amerika Selatan, Kolombia, pada hari Selasa (19/6) kemarin. Tim Asia tersebut berhasil menang dengan skor tipis 2-1.

Dua gol kemenangan Jepang diciptakan oleh Shinji Kagawa melalui titik putih dan Yuya Osako. Sedangkan Kolombia, yang bermain dengan 10 orang setelah Carlos Moreno diganjar kartu merah, hanya mampu mencetak gol melalui Juan Fernando Quintero.

Kemenangan tersebut lantas membuat Jepang kini bertengger di puncak klasemen grup H, di atas Senegal dengan perolehan angka yang sama. Kedua tim akan saling bertemu pada hari Minggu (24/6) mendatang.

Selain kemenangan, Jepang juga mencatatkan beberapa statistik yang menarik untuk disimak. Dilansir dari BBC Sport, berikut di antaranya

1. Jepang menjadi negara Asia pertama yang mengalahkan tim asal Amerika Selatan di Piala Dunia (Main 18, Menang 1, Seri 3, Kalah 14).

2. Ini adalah kali pertama tim Amerika Selatan gagal memenangkan laga pembukanya sejak tahun 1974.

3. Dari 19 pertandingan Kolombia di Piala Dunia, tidak ada satu pun yang berakhir tanpa gol. Satu-satunya negara yang memainkan pertandingan dalam kompetisi tersebut tanpa catatan skor 0-0 adalah Amerika Serikat (33) dan Austria (29).

4. Keisuke Honda merupakan pemain pertama dari negara Asia yang menciptakan assist dari tiga Piala Dunia berbeda sejak tahun 1966.

5. Eiji Kawashima (35 tahun, 91 hari) menjadi pemain tertua Jepang di laga Piala Dunia.

 

(bbc/yom)

Baca juga  Prancis Masih Bisa Tampil Lebih Baik